LK.
1
1. Bentuklah
kelompok dengan anggota 3-4 orang
2. Jika
tersedia, carilah sumber dari buku atau sumber melalui internet di sekolahmu
3. Diskusikan
apa kelebihan dan kekurangan masyarakat yang tinggal di daerah beriklim muson
tropis
Kelebihan
masyarakat yang tinggal di
daerah
beriklim muson tropis
|
Kekurangan
masyarakat yang tinggal didaerah beriklim muson tropis
|
1.
2.
3.
4.
|
1.
2.
3.
4.
|
4. Presentasikan
hasil diskusi di depan kelasmu!
5. Tuliskan
simpulan hasil diskusi kelas!
LK.
2
1.
Bentuklah kelompok dengan
anggota 3-4 orang.
2.
Diskusikan, apa keuntungan
letak Indonesia pada posisi silang dua benua dan dua samudera tersebut!
3.
Gunakan buku di perpustakaan
dan atau jika tersedia sumber internet di sekolahmu dapat kamu manfaat kan
untuk membantu menemukan jawabannya.
4.
Tuangkan hasil diskusi
kalian ke dalam tabel berikut:
Akti
Bidang
|
Keuntungan
Letak Geostrategis Indonesia di antara dua benua dan
dua
samudera
|
Ekonomi
|
1
2
2
|
Komunikasi
|
|
Transportasi
|
|
Presentasikan
hasil diskusimu di depan kelas!
LK
3
1.
Bentuklah kelompok dengan anggota 3-4
orang!
2.
Lakukan pengamatan terhadap berbagai
tanaman di lingkungan sekolahmu!
3.
Tanaman apa saja yang kalian temukan?
4.
Bagaimana kondisi tanaman tersebut?
5.
Diskusikan tanaman yang tumbuh dengan
baik! Mengapa tanaman tersebut dapat tumbuh dengan baik?
5.
Tuangkan hasil diskusimu ke dalam tabel
berikut:
Jenis tanaman
|
Kondisi tanaman
|
Mengapa
dapat tumbuh dengan subur
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
Presentasikan
Latihan
Latihan
Soal 1
1.
Jelaskan bagaimana
keuntungan Indonesia yang beriklim tropis?
2.
Jelaskan hubungan letak
Indonesia dengan keberadaan dua musim di Indonesia!
3.
Mengapa kondisi tanah di
Pulau Jawa umumnya sangat subur untuk pertanian?
4.
Daerah Bandung Jawa Barat
merupakan daerah dataran tinggi, sedangkan Cirebon Jawa barat merupakan dataran
rendah. Untuk mengembangkan perkebunan teh, mana daerah yang lebih tepat?
Jelaskan alasanmu!
5.
Iklim di Indonesia
berpengaruh terhadap variasi flora dan fauna. Namun kelestarian flora dan fauna
tersebut terancam oleh keberadaan manusia. Sebagai pelajar, apa yang dapat kamu
lakukan untuk turut serta melestarikan flora dan fauna di lingkungan tempat
tinggalmu?
LK 4
Amati
kegiatan yang dilakukan oleh orang-orang di sekitar lingkungan rumah tinggalmu.
Catatlah
bentuk kegiatan mereka, selanjutnya buatlah kesimpulan apakah kegiatan yang
mereka
lakukan tersebut termasuk kegiatan konsumsi, produksi atau distribusi.
Jenis
Kegiatan:................................
Pelaku
|
Bentuk Kegiatan
|
Jenis Kegiatan
|
1. Ayah
|
1. Minum teh
2. Menanam padi
3.........................
|
1. Konsumsi
2. Produksi
3..................
|
2. Ibu
|
1. Memasak nasi
2.........................
|
1. Produksi
2.................
|
3................
|
1.........................
2.........................
|
1.........................
2.........................
|
1.
Selanjutnya diskusikan bersama teman-teman, alasanmu membuat kesimpulan
demikian.
2.
Laporkan hasil pekerjaanmu kepada guru!
LK 5
Bentuklah
kelompok dengan anggota 3-4 orang.!
2.
Amatilah peta Pulau Jawa di atas dengan teliti!
3.
Identifikasilah berbagai jenis sarana dan prasarana transportasi darat di Pulau
Jawa yang
meliputi
kendaraan dan jalan!
4.
Diskusikan kelebihan dan kekurangan transportasi darat!
5.
Tuliskan hasil diskusimu pada tabel di bawah ini!
terimakasih untuk infonya yah
BalasHapusberita bola terkini