Minggu, 14 September 2014

Ini Lembar Kerja IPS...

Kerjakan Lembar Kerja berikut...


LK. 1
1.      Bentuklah kelompok dengan anggota 3-4 orang
2.      Jika tersedia, carilah sumber dari buku atau sumber melalui internet di sekolahmu
3.      Diskusikan apa kelebihan dan kekurangan masyarakat yang tinggal di daerah beriklim muson tropis

Kelebihan masyarakat yang tinggal di
daerah beriklim muson tropis
Kekurangan masyarakat yang tinggal didaerah beriklim muson tropis
1.
2.
3.
4.

1.
2.
3.
4.


4.      Presentasikan hasil diskusi di depan kelasmu!
5.      Tuliskan simpulan hasil diskusi kelas!

LK. 2

1.      Bentuklah kelompok dengan anggota 3-4 orang.
2.      Diskusikan, apa keuntungan letak Indonesia pada posisi silang dua benua dan dua samudera tersebut!
3.      Gunakan buku di perpustakaan dan atau jika tersedia sumber internet di sekolahmu dapat kamu manfaat kan untuk membantu menemukan jawabannya.
4.      Tuangkan hasil diskusi kalian ke dalam tabel berikut:
Akti
Bidang

Keuntungan Letak Geostrategis Indonesia di antara dua benua dan
dua samudera
Ekonomi
1
2
2
Komunikasi



Transportasi




Presentasikan hasil diskusimu di depan kelas!

LK 3
1.      Bentuklah kelompok dengan anggota 3-4 orang!
2.      Lakukan pengamatan terhadap berbagai tanaman di lingkungan sekolahmu!
3.      Tanaman apa saja yang kalian temukan?
4.       Bagaimana kondisi tanaman tersebut?
5.      Diskusikan tanaman yang tumbuh dengan baik! Mengapa tanaman tersebut dapat tumbuh dengan baik?
5.      Tuangkan hasil diskusimu ke dalam tabel berikut:
Jenis tanaman
Kondisi tanaman
Mengapa dapat tumbuh dengan subur










6.      Presentasikan

Latihan Latihan Soal 1
1.      Jelaskan bagaimana keuntungan Indonesia yang beriklim tropis?
2.      Jelaskan hubungan letak Indonesia dengan keberadaan dua musim di Indonesia!
3.      Mengapa kondisi tanah di Pulau Jawa umumnya sangat subur untuk pertanian?
4.      Daerah Bandung Jawa Barat merupakan daerah dataran tinggi, sedangkan Cirebon Jawa barat merupakan dataran rendah. Untuk mengembangkan perkebunan teh, mana daerah yang lebih tepat? Jelaskan alasanmu!
5.      Iklim di Indonesia berpengaruh terhadap variasi flora dan fauna. Namun kelestarian flora dan fauna tersebut terancam oleh keberadaan manusia. Sebagai pelajar, apa yang dapat kamu lakukan untuk turut serta melestarikan flora dan fauna di lingkungan tempat tinggalmu?

LK 4
Amati kegiatan yang dilakukan oleh orang-orang di sekitar lingkungan rumah tinggalmu.
Catatlah bentuk kegiatan mereka, selanjutnya buatlah kesimpulan apakah kegiatan yang
mereka lakukan tersebut termasuk kegiatan konsumsi, produksi atau distribusi.

Jenis Kegiatan:................................
Pelaku
Bentuk Kegiatan
Jenis Kegiatan
1. Ayah
1. Minum teh
2. Menanam padi
3.........................
1. Konsumsi
2. Produksi
3..................
2. Ibu
1. Memasak nasi
2.........................
1. Produksi
2.................
3................
1.........................
2.........................
1.........................
2.........................

1. Selanjutnya diskusikan bersama teman-teman, alasanmu membuat kesimpulan demikian.
2. Laporkan hasil pekerjaanmu kepada guru!


LK 5
Bentuklah kelompok dengan anggota 3-4 orang.!
2. Amatilah peta Pulau Jawa di atas dengan teliti!
3. Identifikasilah berbagai jenis sarana dan prasarana transportasi darat di Pulau Jawa yang
meliputi kendaraan dan jalan!
4. Diskusikan kelebihan dan kekurangan transportasi darat!

5. Tuliskan hasil diskusimu pada tabel di bawah ini!

1 komentar: